Senin, 02 Oktober 2017

Buah Makasar Bermanfaat Bagi Tubuh Manusia

BUAH MAKASAR
============>>

Buah makasar merupakan buah dari tumbuhan liar dihutan belukar, hutan jati, biasanya tanaman ini ditanam sebagai tanaman pagar. Buah ini tumbuh tersebar mulai dari India, CINA , Thailand, Taiwan, Australia, Maluku, Papua, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, hingga Jabodetabek.

Selain itu Buah ini memiliki banyak manfaat sekali bagi kesehatan tubuh dengan banyak memiliki kandungan gizi. Kandungan yang terdapat pada buah ini seperti minyak lemak, asam palmitoleat, glukosa, asam linoleat, asam oleat, asam stearatdan lain sebagainya . Kandungan itulah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Makasar

Penyakit yang Dapat Disembuhkan dan Cara Penggunaannya :

Air Kemih dan Kotoran Berdarah karena Panas

Cuci bersih 25-50 butir biji buah makasar, tumbuk, lalu seduh dengan ½ cangkir air panas. Minum seduhannya 3 kali sehari, masing-masing ½ cangkir. Karena rasanya yang pahit, hasil tumbukan dimasukan dalam kapsul lalu diminum 3 kali sehari, masing-masing 1 kapsul setiap minumnya.

Disentri Amuba

Cuci bersih 10-15 butir biji buah makasar, tumbuk, lalu seduh dengan ½ cangkir air panas. Minum seduhannya 3 kali sehari, masing-masing ½ cangkir. Karena rasanya yang pahit, hasil tumbukan dimasukan dalam kapsul lalu diminum 3 kali sehari, masing-masing 1 kapsul setiap minumnya.

Keputihan karena Trichomonas sp

Cuci bersih 20 butir biji buah makasar. Rebus dengan 2 gelas air bersih menggunakan pot tanah sampai tersisa ½ gelas. Semprotkan air rebusan ini menggunakan sprayer untuk mencuci kemaluan. Setiap penyemprotan dilakukan 20-40 ml air rebusan. Jika sakitnya ringan, lakukan penyemprotan 1 kali sehari, sedangkan jika berat, lakukan penyemprotan 2-3 kali sehari.

Kanker Kerongkongan, Kanker Lambung, Kaanker Serviks, Kanker Kulit, dan Leukimia

Cuci bersih 25 butir buah makasar segar atau 15 butir buah kering lalu tumbuk sampai menjadi bubuk. Seduh bubuknya dengan ½ cangkir lalu minum sekaligus 3 kali sehari. Ramuan di atas juga sudah dijual bebas di pasaran dalam bentuk kapsul, obat suntik, infus, dan larutan emulsi untuk diminum.

Buah makasar mempunyai nama latin Brucea javanica atau bisa juga amber merica. Buah makasar biasanya tumbuh secara liar di hutan atau di perkebunan dan memiliki rasa yang pahit serta beracun. Di Indonesia tanaman ini memiliki banyak sebutan yang berbeda – beda di setiap daerah, yaitu di Lampung disebut berul, di Medan lebih dikenal malur, orang sunda menyebutnya walot, orang Jawa menyebutnya bom makasar, orang Ambon menyebut nagas, dan di Makassar menyebutnya dengan tambara marica.
ads

Buah makasar tumbuh sebar pertama di Sri Lanka. Tanaman memiliki tinggi 1 – 2,5 meter, dan daunnya tunggal dengan tulang daun menyirip, dan tepi daun kasar. Biasanya tanaman ini digunakan sebagai tanaman obat – obatan. Kandungan yang terdapat dalam manfaat buah makassar dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit.

MANFAAT BUAH MAKASAR UNTUK TUBUH
==============================>>>

1. Dapat mengobati kanker serviks

Buah ini bisa mengobati kanker salah satu nya yaitu mengobati kanker serviks. Kanker serviks ini tergolong ke dalam penyakit yang sangat berbahaya, dapat menyebabkan kematian. Salah satu kandungan yang terdapat pada buah ini mampu mengobati kanker serviks.

2. Mengobati malaria

Sifat kimia yang terdapat di dalam buah ini mempunyai fungsi yang tentunya bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kandungan di dalamnya mampu menetralisir serta membunuh virus yang menyebabkan penyakit malaria. Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur di percaya sangat ampuh untuk menangani penyakit malaria tersebut serta menghasilkan hasil yang optimal. Tentu saja harus menerapkan pola hidup yang bersih serta sehat.

3. Sakit pinggang

Daun buah makasar dipercaya dapat menyembuhkan sakit pinggang. Cara penggunaanya yaitu dengan merebus daun buah makasar secukupnya yang sudah di cuci air. Lalu rebusan air tersebut diminum.

4. Kanker Serviks dan Rahim

Bagian tanaman yang digunakan untuk menyembuhkan kanker serviks, rahim, dan kulit adalah biji dari buah makasar. Caranya :

    Rebus atau godok 20 biji buah makasar di dalam pancia tanah liat dengan     menambahkan 400cc air
    Godok hingga air tersisa 100cc
    Lalu minum air tersebut 3 kali sehari dengan dosis 2 sendok makan hingga penyakit lama kelamaan berkurang.Pada umumnya keputihan terjadi pada kebanyakan wanita banyak faktor yang menyebabkan masalah tersebut salah satunya karena trichomonas. Namun jangan khawatir bagi para wanita yang memiliki masalah tersebut karena masalah ini dapat di obati cukup dengan mengonsumsi buah makasar. Cukup dengan memasukan buah makasar ke dalam panci yang berisikan 400cc air, rebus sampai tersisa 100cc setelah dingin ramuan ini dapat digunakan untuk mencuci vagina. Jika keputihan yang anda alami ringan anda dapat menyemprotkan cukup dengan sekali saja apabila keputihan yang anda alami berat maka perlu di ulangan selama 2-3 hari.

5. Mengobati disentri amuba

Kandungan senyawa kimia di dalam buah ini berfungsi untuk membunuh bakteri yang akan menimbulkan disentri itu karena buah ini berperan sebagai pencahar.

Buah Makassar. Buah ini dikenal memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu penderita diabetes. Buah makassar dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus. Akarnya digunakan untuk pengobatan malaria, keracunan makanan, dan demam. Daunnya digunakan untuk mengatasi sakit pinggang. Buah makasar atau Brucea javanica (L) Merr pertama kali disebutkan dalam risalah medis Cina bernama Compendium of Materia Medica yang diterbitkan pada abad pertama masehi. Buah makassar bersifat bulat, keras, berukuran 6-10 mm perkiraan dan diameter 4-7 mm. Buah Makasar sangat umum tumbuh di tempat terbuka seperti hutan sekunder ringan dan semak, pinggir hutan dan bahkan di tempat panas di tanah berpasir dan tanah kapur. Juga tumbuh di tempat yang beriklim muson dan lembab, dari permukaan laut hingga 900 m dpl.

Manfaat dan Khasiat Buah Makasar Lainnya :

    Menurunkan panas atau demam
    Menurunkan kadar gula di dalam tubuh
    Sebagai antibiotik dan antibakteri
    Melancarkan sirkulasi darah serta mencegah penggumpalan
    Menetralkan racun dalam tubuh

Diatas itulah manfaat dan khasiat buah makasar untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan serta pengetahuan anda dalam menjaga kesehatan anda dan dengan mengkonsumsi buah-buahan yang sehat setiap harinya, serta pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan anda di masa depan nanti.

Ciri-ciri Buah Makasar. Buah makassar biasanya berwarna hitam atau coklat saat matang. Umumnya, buah dipanen pada musim gugur dan kemudian dikeringkan. Senyawa utama yang terdapat dalam buah makassar adalah quassinoid yang pertama kali ditemukan pada buah ini sekitar tahun 1967. Selain itu, buah makassar juga mengandung quassinoids tetracyclic triterpen, antrakuinon, olein, asam oleat, asam linoleat, glukosida pregnane, brukesoid, brutasol dan sesquiterpenes.

Secara khusus, quassinoids triterpen tetracyclic merupakan bahan aktif utama Brucea javanica dengan aktivitas anti-tumor yang luar biasa. Ekstrak buah makassar telah menunjukkan efek antitumor kuat dalam sel S180, dengan 24,6% penghambatan proliferasi sel pada dosis tinggi, sedangkan dosis menengah dan rendah dapat memperpanjang umur sekitar 20% di pada percobaan tikus.

Asam oleat, asam linoleat, dan quassinoid triterpen tetrasiklik memiliki aktivitas antitumor, terutama di paru-paru, hati, ovarium, dan kanker serviks. Buah makassar menghambat proliferasi sel dengan mengatur morfologi sel dan siklus sel, mengendalikan ekspresi gen apoptosis, dan mengubah proses immunitas. Tanaman buah makasar memiliki sifat berasa pahit, dingin beracun, membersihkan panas dan toksik, antidisentri, antimalaria, mematikan parasit.

Semua informasi tentang herbal pada web ini hanya bersifat sebatas informasi. Penggunaan obat herbal sepenuhnya adalah tanggung jawab pemakai karena efek obat herbal bisa berbeda-beda pada masing-masing individu. Sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya sebelum menggunakan resep obat herbal yang aman dan bermanfaat , namun ternyata dari hasil penelitian menyatakan kalau ternyata buah makasar memiliki khasiat serta manfaat yang sama dengan Obat Forex yaitu mampu menjaga serta memperkasa stamina energi dan ereksi pada jaringan organ vitalitas agar selalu sehat kuat perkasa dengan maksimal dan sempurna . Kandungan asam oleat juga bruceine A dan B bersifat antikanker (antineoplastik) yaitu menghambat sintesa DNA sel kanker. Di samping itu, merangsang pembentukan sel darah merah pada sumsum tulang dan meningkatkan phagocyte dan makrofag. Bagian yang digunakan pada tanaman buah makasar adalah buah. Setelah buah dikumpulkan, bagian yang keras dibuang untuk diambil isinya . Selain buah, daun, dan akar juga berkhasiat sebagai obat. Nama ilmiah buah makasar adalah Brucea javanica (L.) Merr. Buah makasar memiliki rasa pahit, dingin , dan beracun. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam buah makasar, di antaranya alkaloid, seperti brucamarine dan yatanine. Buah makasar juga mengandung brusatol dan bruceine, seperti bruceine A, B, C, D, E, F, G, dan H. Sementara itu, daging buahnya mengandung minyak lemak, oleic acid, linoleic acid, stearc acid, palmitoleic acid. Efek farmakologis buah makasar, di antaranya penurun panas, anti-racun, anti-disentri, anti-malaria, mematikan parasit (parasiticidal), anti-pembentukan sel darah merah pada sumsum tulang, serta meningkatkan fagosit dan makrofag.

Cara Umum Pemakaian Buah Makasar Sebagai Obat Tradisional. Buah makassar dapat dikonsumsi dengan cara menggiling 10-15 buah makassar kemudian diminum. Sedangkan akarnya dapat digodong dengan cara memasukan akar yang dibersihakn sebanyak 15-20 gr kedalam 3 gelas air, lalu digodog hingga tersisa 1 gelas, kemudian minum. Bahaya dan Efek Samping Penggunaan Buah Makasar. Belum ada informasi yang menunjukkan adanya bahaya dan efek samping menggunakan buah makasar sebagai obat herbal. Penggunaan yang berlebihan mungkin saja akan mengakibatkan timbulnya efek samping yang tidak diharapkan, jadi gunakan selalu obat herbal sesuai aturan dan dosis yang dianjurkan. Jika perlu hubungi ahli medis atau ahli herbal yang terpercaya sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat herbal.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Macam Mcam Produk

BANK PEMBAYARAN TRANSFER

JASA PENGIRIMAN PAKET

BARANG AMAN BERGARANSI